Tips dan Trik

Tips Sukses UN (Ujian Nasional)

Ujian Nasional akan segera tiba loh. Biasanya kalau udah begini, banyak murid -murid yang minta tips sukses UN. Tenang, kita bakal kasih 5 tips sukses UN yang bisa kamu praktekin selama persiapan ujian, maupun saat pengerjaan nanti.

5 TIPS SUKSES UN

Tips sukses un yang ditulis oleh les privat klinik pintar.

1. Jangan Cuman Menghafal

Salah satu tips sukses un yaitu kamu tidak boleh hanya menghafal pelajaran. Lebih buruk lagi jika kamu malahan menghafal soal – soal try out. Lebih baik kamu mencoba mengerti konsep dasar dari materi ujiannya.

“Duh tapi susah kalau tidak menghafal, kan materinya banyak”

Kalau kamu berfikir seperti itu, mungkin artikel ini bisa membantu kamu.

2. Latihan Soal

Iya, memang kedengarannya latihan soal tuh membosankan. Tapi percaya deh, dengan kamu latihan soal, kamu akan jauh lebih mendalami materinya.

Latihan soal ini ditujukan agar kamu mengetahui materi – materi mana saja yang belum kamu pahami.

Nah kalau kamu sudah tau materi mana yang sulit bagi kamu, kamu bisa langsung memperdalam materinya lagi deh. Ingat untuk menerapkan tips nomer 1 yaaa.

3. Berdiskusi dengan Teman

Eiits, jangan salah paham dulu. Berdiskusi dengan teman maksudnya bukan saat ujian yah.

Berdiskusilah dengan teman saat ada suatu materi yang memang sulit atau tidak kamu pahami. Murid – murid yang suka berdiskusi satu sama lain biasanya akan lebih unggul dari murid yang lainnya.

Kenapa?

Karena dengan berdiskusi, mereka dilatih untuk menemukan jawaban dengan berpikir logis dan kritis. Ingat kalau kita tidak boleh cuman menghafal pelajaran.

4. Kerjakan Soal Mudah Dahulu

Saat UN berlangsung, sebaiknya kamu mengerjakan soal secara berurut. Namun, isilah soal yang mudah menurut kamu terlebih dahulu. Jangan menghabiskan waktu di soal – soal yang menurut kamu sulit.

Setelah kamu mengisi semua soal yang mudah, barulah kamu mulai menjawab pertanyaan yang sulit.

Mengapa demikian?

Karena saat kamu memilih untuk mengerjakan hal sulit terlebih dahulu, kamu bisa saja malah kehabisan waktu untuk mengerjakan soal yang padahal mudah untuk kamu.

Padahal bobot nilai dari soal yang sulit dan mudah kan sama saja.

5. Tenangkan Pikiran

Sebelum melaksanakan ujian, ada baiknya kamu menenangkan pikiran. Salah satu cara paling efektif yaitu berdoa, dan minta difokuskan selama ujian.

Ingat juga, kalau menyontek itu buruk untuk ketenangan pikiran kamu. Jadi janganlah sampai kamu berniat menyontek, ataupun memberi contekan ya.

 

Sekian dulu ya tips sukses UN dari Les Privat Klinik Pintar kali ini.

Kalau kamu punya pertanyaan, boleh langsung tulis komentar di bawah ini ya.

 

Salam,

Klinik Pintar

 

One thought on “Tips Sukses UN (Ujian Nasional)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *