Tips dan Trik

Motivasi Belajar Dapat Dibentuk Dengan 4 Cara Ini

Bahasan kali ini yaitu tentang motivasi belajar. Saya yakin sebagian besar dari kamu yang membaca ini adalah orang yang sebetulnya PINTAR… tapi malas belajar, ya kan?

Hal ini salah satunya diakibatkan oleh kurangnya motivasi belajar yang kamu miliki.

Di tulisan kali ini, saya mau berbagi tips untuk membentuk motivasi belajar pada diri kamu, sehingga kamu bisa menjadi orang yang super cerdas secara IQ dan juga EQ. Yuk disimak!

4 Cara Membentuk Motivasi Belajar

Tips Meningkatkan Motivasi Belajar

1. Membuat Target / Pencapaian

Hal pertama untuk membangun motivasi belajar dalam diri yaitu menentukan target atau pencapaian.

Target atau pencapaian ini bisa dimulai dari yang paling kecil, misalnya sekedar ingin kelihatan pintar di depan temen – temen, atau yang besar sekalipun, seperti ingin bisa berkuliah di ITB atau UI.

Membuat target ini ada tujuannya, yaitu agar kamu merasa kalau kamu belajar bukan untuk hal yang sia – sia. Kalau salah satu tujuan kamu agar bisa lulus UN dengan nilai maksimal, kamu bisa juga baca tulisan tips UN dari blog kami.

2. Mencatat Rencana Harian

Untuk mendukung target / pencapaian yang telah kamu tentukan sebelumnya, kamu perlu membuat rencana harian.

Rencana harian ini terdiri dari hal – hal yang akan kamu lakukan, dan sebaiknya dicatat sebagai to-do-list .

Mencatat rencana harian ini ditujukan agar kamu bisa tetap ingat dengan hal-hal yang kamu ingin lakukan, dan agar kamu tidak kehilangan fokus pada pencapaian kamu.

Seperti main video game aja loh, setiap quest atau misi pasti akan tercatat agar kamu gak lupa.

3. Berikan Hadiah untuk Dirimu

Nah tips ketiga ini juga nggak kalah pentingnya. Untuk mendorong kamu melakukan rencana – rencana harian kamu, kamu harus menetapkan ganjaran / hadiah setiap kamu menyelesaikan tugas kamu.

Contoh hadiahnya misalkan istirahat, tidur, bermain game, dan makan cemilan.

Hadiah ini sangat berguna untuk memicu kamu menyelesaikan rencana harian kamu. Kamu tinggal pilih saja hadiah apa yang paling kamu suka.

4. Memilih Pergaulan yang Baik

Tips terakhir yaitu bergaul dengan orang – orang yang memiliki target mirip sama kamu.

Misalnya kamu menargetkan ingin bisa berkuliah di PTN raksasa seperti ITB, maka kamu harus mengelilingi diri kamu dengan orang – orang yang juga ingin berkuliah di PTN raksasa.

Tujuannya yaitu agar kamu memiliki teman berbagi, mulai dari berbagi ilmu, berbagi saran, dan berbagi harapan (tsaaaah). Tapi serius, dulu saya juga punya cita – cita berkuliah di ITB, maka saya mengelilingi diri saya dengan teman – teman yang ingin masuk ITB dan UI. Kami sering berdiskusi mengenai pelajaran, dan juga sering mengerjakan latihan soal bersama. Alhasil tujuan masuk ITB itu bisa tercapai berkat bantuan teman – teman saya ini.

 

Oke sekian dulu tips kami kali ini. Kalau kamu bisa baca sampe bawah sini, saya jamin deh ngelakuin hal diatas gak akan sulit buat kamu.

Selamat berjuang ya.

Klinik Pintar

One thought on “Motivasi Belajar Dapat Dibentuk Dengan 4 Cara Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *