Tips dan Trik

Cara Menghafal Pelajaran Agar Cepat Masuk ke Otak

Kalau kamu sedang membaca artikel ini, pasti kamu sedang bingung karena akhir – akhir ini kamu merasa sulit menghafal pelajaran untuk ujian. Tenang saja, akan kami kasih tahu cara menghafal pelajaran agar cepat masuk ke otak.

Cara Menghafal Cepat - @lesprivatklinikpintar

Memahami Konsep Dasar

Pada intinya, menghafal itu buruk. Daripada memfokuskan diri untuk menghafal suatu pelajaran, lebih baik fokuskanlah diri untuk memahaminya. Kalau kamu sudah paham, nantinya pelajaran itu bakal diam di otak dengan sendirinya kok.

Salah satu cara yang paling mudah untuk memahami suatu konsep yaitu dengan bertanya “kenapa?”. Jadilah kritis, dan jangan malu untuk bertanya kepada orang yang lebih mengerti, misalnya guru atau orang tua. Oke?

Menggunakan Gambar

Kamu pasti bingung kan, kenapa sulit sekali menghafal pelajaran. Sudah membaca berkali – kali tapi lupa terus. Padahal kalau baca komik atau nonton film, ceritanya selalu teringat – ingat.

Tahu kenapa?

Karena gambar membantu kamu memvisualisasikan suatu cerita / kejadian. Dengan bantuan gambar, otak kamu akan terstimulasi, dan lebih fokus kepada topik yang disampaikan. Itulah sebabnya anak SD yang sedang belajar menghitung biasanya diajarkan untuk menghitung buah – buahan.

Jadi, jika kamu kesulitan membaca dan mengingat suatu materi, carilah sumber – sumber lainnya yang mengandung banyak gambar.

Membuat Peta Konsep

Nah cara menghafal yang terakhir yaitu dengan membuat peta konsep. Bagi kamu yang belum tahu bisa klik disini.

Fungsinya memang apa sih?

Membuat peta konsep umumnya bertujuan untuk mengaitkan suatu hal ke hal lainnya. Dengan mengaitkan suatu topik ke topik lainnya, otak kamu akan mudah ter triggered dalam mengingat – ngingat.

 

Sekian dulu ya tips dari kami, jika kamu punya pertanyaaan, sampaikan saja melalui kolom komentar dibawah ini ya.

Salam,

Klinik Pintar

3 thoughts on “Cara Menghafal Pelajaran Agar Cepat Masuk ke Otak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *